Breaking News

Cara Mendatangkan Trafik Blog atau Website Bagi Pemula

Mendatangkan trafik (traffic) blog/website atau meningkatkan trafik (traffic) blog/webiste bagi para blogger adalah sebuah keharusan. Nilai sebuah blog diukur dari seberapa banyak kunjungan para pembaca setiap harinya atau bulan. Yang pasti seberapa profesional blog itu dikelola. Lain halnya jika blog hanya digunakan sebagai sarana untuk curhat dan aktualisasi diri.

Cara Mendatangkan Trafik Blog atau Website Bagi Pemula

Kunjungan/trafik blog akan menentukan kesuksesan blog tersebut, baik kini atau untuk masa depan. Bagi para blogger yang tulisannya dibaca oleh orang lain atau tutorial yang diberikan diikuti orang lain, biasanya mereka akan memasang iklan di blognya. Tetapi bagi mereka yang berjualan melalui blog atau website, maka kunjungan yang diharapkan adalah dalam rangka menjual produk atau jasanya, minimal produk dan jasanya dikenal oleh orang lain.

Apapun blog tersebut, kunci utama untuk mendatangkan trafik blog atau website adalah seberapa bagus tulisan dan informasi yang kita berikan.

Baca Juga: Jadi Blogger Sepenuh Hati

Untuk postingan atau tulisan tutorial ngeblog saat ini persaingan sangat ketat. Persaingan bukan hanya antara para blogger, tetapi juga datang dari para media besar di tanah air. Tak ketinggalan juga para penyedia hosting ikut bersaing memberikan tutorial bagaimana untuk menjadi blogger sukses atau sebagainya. Lihat saja para penguasa Page One Google tuturial ngeblog, hampir mereka semua yang menguasainya. Lalu dimana posisi para blogger? saran saya, lebih baik cari niche blog yang lain saja. 😀😀

Terus terang saja saya menulis ini tidak mengharapkan untuk tampil di Page One Google, tetapi saya hanya menumpahkan unek-unek di pikiran saya. Saya menyadari bahwa kemampuan saya untuk bersaing degan mereka masih kalah jauh, tetapi saya tidak mau menyerah dan saya akan menggunakan kemampuan saya agar tulisan ini bisa dibaca oleh para blogger pemula.

Saya sebagai blogger yang minim pengetahuan tentang SEO dan juga tidak memiliki peralatan yang canggih seperti mereka tentu akan berusaha dengan cara yang berbeda.

Baca Juga: Efek SEO Untuk Sebuah Blog

Lalu langkah-langkah seperti apa yang harus dilakukan untuk mendatangkan trafik blog atau website? Berikut adalah panduan dari saya, dan saya sendiri telah membuktikan bahwa Google atau mesin pencarian lainnya, sangatlah adil dalam menilai kebergunaan sebuah tulisan yang layak untuk dibaca.

Pertama, konten yang berkualitas. Semua pihak sangat menyetujui hal ini. Konten sebuah blog/website adalah raja atau inti dari sebuah blog. Jika blog tidak memiliki kualitas, maka siap-siaplah akan diabaikan oleh pembaca dan bahkan mesin pencarian.

Bukan hanya pembaca dan mesin pencarian, para pihak seperti jaringan periklanan sangat menghargai mereka yang memiliki karya orisinal dari para blogger. Bagi mereka yang oportunis dan mencaplok karya orang lain, maka siap-siaplah mereka akan ditendang dan ditandai sebagai pihak yang mencuri karya orang lain.

Saya meyakini bahwa kekuatan konten sangatlah besar. Apalagi itu datang dari pemikiran kita sendiri. Pengalaman dan ilmu yang dimiliki akan sangat berarti bagi orang lain jika menjadi sebuah tulisan yang membantu dan memecahkan persoalan.

Inti dari ulasan ini adalah kedepankan kualitas sehingga bermanfaat bagi orang lain dan tidak merugikan orang lain dengan cara mencuri karya-karyanya.

Baca Juga: Blog Antar Hobi dan Profesi

Kedua, selain kualitas tentu juga harus berbanding lurus dengan kuantitas. Jika keduanya dapat berjalan beriringan, saya meyakini trafik blog/website akan terus berdatangan.

Orang mencari di mesin pencarian adalah untuk mencari jawaban atas apa yang mereka butuhkan. Jadi, isi dari blog adalah untuk menjawab dari jutaan pertanyaan para pembaca. Jika kuantitasnya terlalu sedikit, bisa jadi blog akan mudah ditinggalkan dan tak ada jawaban yang ditemukan dari jutaan pertanyaan. Sayang sekali bukan.

Lalu bagaimana caranya agar kualitas berbanding lurus dengan kuantitas? Rajin-rajinlah update blog, lawan kemalasan. Ibarat mencari ikan, semakin banyak jaring atau pancing yang kita tebar akan semakin besar pula peluang untuk mendapatkan ikan.

Ketiga, memperkenalkan blog kepada orang terdekat. Memperkenalkan blog bisa dimulai dari orang terdekat, seperti keluarga, teman, tetangga, rekan kerja dan lainnya. Dari mereka inilah blog kita akan dikenal secara perlahan.

Kita bisa memperkenalkannya melalui media sosial, apalagi saat ini hampir setiap orang banyak menghabiskan waktu di media sosial. Tentu itu adalah potensi yang harus digarap. Mereka adalah target untuk mendatangkan trafik ke blog. Jadi, jangan abaikan mereka.

Kita bisa share update blog ke group-group orang terdekat atau meminta mereka untuk menyebarkannya kepada orang-orang terdekat mereka, sehingga peluang untuk mendatangkan trafik menjadi lebih besar. Kerja keras akan menjadi lebih ringan jika dilakukan atau dibantu oleh orang lain, atau bisa jadi dengan membentuk sebuah tim khusus untuk menebar update blog.

Keempat, bergabung di komunitas. Ada banyak sekali komunitas para blogger. Bisa saja di skala daerah dan juga bisa saja di group-group media sosial seperti Facebook, WhatsApp dan Telegram. Saat ini dunia sangat canggih sehingga memudahkan setiap orang untuk memperkenalkan blog yang dikelola dengan gratis dan juga berbayar.

Para anggota komunitas akan sangat membantu, mereka tempat berbagi dan bertanya. Disana ada banyak orang yang memiliki pengalaman dan tidak pelit untuk berbagi ilmu. Tentu saja komunitas yang tepat, bukan komunitas abal-abal.

Kelima, berkarakter. Setiap blogger memiliki karakternya sendiri. Setiap orang memiliki keunikan yang orang lain belum tentu miliki. Yakinlah apa yang telah kita perbuat akan sangat berguna bagi orang lain. Ketika kita mempublish sebuah blog maka konten yang kita sebarkan akan menjadi konsumsi publik, setiap orang tentu memiliki hak untuk mendapatkan apa yang kita sebarkan, baik ilmu, keunikan, pengalaman atau juga bisa jadi sebuah kekecewaan. Jadi, sebagai seorang blogger kita harus siap untuk menghadapi segala kemungkinan. Itu sudah menjadi konsekuensi dari seorang blogger.

Keenam, lakukan riset. Riset sangatlah penting jika ingin blog menjadi besar dan mendatangkan trafik yang banyak. Riset ini akan membantu bagaimana perlakuan kita terhadap sebuah blog.

Toh seorang blogger bukanlah orang yang sembarangan. Ada sisi kelebihan atau keilmuan yang dimilikinya sehingga menghadirkan sebuah tulisan yang bermanfaat. Bagi saya, seorang blogger akan sangat mudah untuk melakukan riset karena di dalam dirinya telah tertanam gen seorang penulis dan peneliti.

Riset-riset yang dilakukan tentu saja terkait dengan apa konten yang ingin kita kembangkan, apa kebutuhan pasar, apa yang paling banyak dicari, cara yang paling efektif dan efisien dalam memasarkan blog serta riset-riset ringan lainnya.

Itulah, sekilas pandangan saya tentang bagaimana cara mendatangkan trafik blog atau website bagi pemula. Semua yang telah saya sampaikan tentu saja berdasarkan pengalaman saya selama menjadi blogger. Tentunya belum tentu cocok dengan yang lain, tapi secara umum langkah-langkah itu sangatlah membantu. Selamat Mencoba.