Breaking News

10 Tips Menjadi Kolektor (Debt Collector) yang Mengagumkan


10 Tips Menjadi Kolektor (Debt Collector) yang Mengagumkan - Setiap orang pasti ingin sukses pada bidang yang ia tekuni. Untuk sukses ada baiknya juga mempelajari bagaimana orang-orang sukses pada bidangnya tersebut dapat meraih apa yang mereka impikan. Salah satu profesi yang menjanjikan adalah menjadi seorang Kolektor atau Debt Collector. Mengapa? Karena tidak semua orang mampu dan sukses menjalani karir pada bidang ini.


10 Tips Menjadi Kolektor (Debt Collector) yang Mengagumkan


Kebutuhan akan kolektor juga menjadi penting saat ini. Besarnya pertumbuhan perusahaan perbankan, asuransi dan pembiayaan (leasing, finance, multifinance) memberikan peluang bagi profesi yang satu ini eksis.

Salah satu orang yang sukses pada bidang ini adalah Adam Stewart. Beliu merupakan Ahli Menagih Hutang dan pemilik Debt Recoveries Australia dan Pengacara Litigasi Hukum ADC.

Baca Juga: Tips Desk Collection Menagih Hutang Melalui Telepon

Pada suatu artikel tips menjadi Debt Collector yang mengagumkan, Adam Stewart mengisahkan bagaimana perjalanan dirinya memulai bisnis penagihan hutang. Ia sendiri memulai menjadi kolektor dari perusahaan asuransi.

Pada kisah tersebut, Adam bercerita bahwa, pada awalnya dirinya membenci profesi Debt Collector. “Saya memulai dalam penagihan utang pada bisnis asuransi. Saya membencinya; Saya tidak ingin melakukannya dan akan memberikan apa pun yang saya miliki agar orang lain mau melakukannya. Saya tidak suka konfrontasi dan bukan secara alami, orang yang suka keluar (bekerja di lapangan, red),” kata Adam.

Jadi, bagaimana dia melakukan penagihan hutang sebagai pekerjaan dirinya?

“Begitu saya mulai, saya menyadari, Anda tidak perlu keluar, atau bahkan berhadapan dengan debitur. Menagih utang adalah tentang mendengarkan dan berempati. Ini tentang negosiasi dan bekerja sama dengan debitur. Ini adalah wahyu untuk saya dan saya menemukannya bahwa saya pandai dalam hal itu,” tulis Adam.

Baca Juga: Kiat Sukses Menagih Hutang Dengan Telepon, Email, WhatsApp dan SMS

“Sejak saat itu, saya telah mengatur dan menjalankan agen penagihan utang saya sendiri. Dan saya telah melatih banyak orang selama bertahun-tahun dalam seni menagih utang. Saya merasa senang bekerja dengan orang-orang yang memulai tanpa pengalaman, tetapi belajar juga dengan orang-orang dengan memiliki keahlian menagih bertahun-tahun,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Adam memberikan 10 Tips Bagaimana Menjadi Debt Collector Yang Mengagumkan. Berikut 10 tips yang dijabarkan olehnya untuk dapat dipelajari bersama.

1. Mendengar

Nomor 1 dalam daftar adalah mendengar atau dengarkan. Itu dia. Anda mungkin penyelidik terbaik dunia, pelacak hebat dan memahami lokasi dan dapat menemukan debitur yang kabur. Tetapi apa yang Anda lakukan ketika akhirnya Anda mendapatkannya di telepon?

Baca Juga: Tips Sukses Menjadi Kolektor - Debt Collector Bank, Leasing dan Sektor Bisnis Lainnya

Jawabannya adalah Anda diam dan dengarkanlah. Mereka selalu punya cerita untuk diceritakan dan mereka perlu menceritakannya, jadi dengarkan mereka.

2. Jadilah Peka

Keyakinan itu hebat, tetapi ego yang besar tidak akan membawa Anda kemanapun. Debitur sudah cukup malu tentang situasinya, jadi cobalah untuk menjadi sedikit sensitif terhadap perasaan mereka. Jangan membentak mereka, membicarakan mereka atau remehkan mereka. Tunjukkan rasa belas kasih dan empati.

3. Tetaplah Tenang

Jika seorang debitur mulai berteriak kepada Anda, membuat Anda frustrasi dengan janji-janji palsu, atau dengan pembayaran yang semakin macet dan menumpuk, maka tarik napas anda dalam-dalam dan rileks.

Ini hanya satu kasus dari seratus orang yang akan Anda kerjakan hari ini. Jangan memusingkan hal-hal kecil. Biarkan mereka memiliki kata-kata kasar mereka; mereka akan kehabisan tenaga pada akhirnya.

4. Luangkan Waktu Anda

Kolektor kadang membuat kesalahan ini sepanjang waktu, terutama mereka yang telah melakukan pekerjaan untuk waktu yang lama. Maka, perlu untuk lebih rileks dan pelan-pelan. Jangan terlalu terburu-buru, bicaralah dengan tenang, bahkan aturlah intonasi suara yang baik.

Anda akan membawa lebih banyak rasa gravitas dan otoritas, pesan telepon Anda akan jelas dan dipahami dengan baik, dan Anda akan tampil lebih efektif.

5. Bersikaplah Jelas dan Ringkas

Bicaralah dengan perasaan dan keyakinan. Ya, ini adalah panggilan ke lima puluh yang Anda buat hari ini, tetapi, sekali lagi, menunjukkan belas kasih dan kepekaan. Bersikap transparan. Setelah Anda mengidentifikasi nasabah yang tepat, beri tahu mereka nama Anda, nama perusahaan Anda dan mengapa Anda menelepon. Jangan mencoba untuk menipu mereka, karena mereka akan mencium sesuatu yang kurang tepat. Jadilah yang terdepan dan jujur.

6. Memahami Pekerjaan Anda

Memahami job describtion anda akan mengarahkan anda pada track yang benar. Apa pengaruh kinerja anda pada perusahaan? Apa status debitur? Apa prosedur hukumnya? Apa kasusnya? Jika Anda bukan salah satu kolektor terbaik di kantor, perhatikan dan dengarkan apa yang mereka lakukan.

Seringkali frasa kunci yang memotivasi debitur, nada atau pendekatan khusus mungkin diperlukan untuk berhasil. Juga, pahami apa yang diinginkan klien Anda. Apakah mereka ingin pembayaran penuh atau apakah mereka akan senang dengan pengurangan jumlah sekaligus? Apakah mereka ingin menerima cicilan? Pastikan Anda tahu apa yang diinginkan klien dari kesepakatan ini.

7. Bantu Rekan Kerja Anda

Jika Anda bisa, tawarkan saran dan pengalaman kepada rekan seprofesi anda yang sepertinya kurang terampil di kantor Anda. Catatlah bahwa Anda hanya akan berhasil melalui kerja tim. Kerja tim, berarti anda tidak bekerja sendiri dan bukan untuk kepentingan anda sendiri, tapi semuanya berkaitan dengan tim.

8. Bersikaplah patuh

Pastikan Anda tetap dalam batas-batas undang-undang atau aturan-aturan dalam menagih hutang. Perlu bagi anda untuk memahaminya, pastikan Anda tidak bertindak di luar aturan yang ada, atau pedoman yang ditetapkan oleh perusahaan.

Jangan membuat catatan yang salah atau tidak akurat pada sebuah file debitur, jangan mencoba untuk memilih kasus-kasus terbaik atau kasus tanpa upaya yang jujur ​​untuk menagihnya. Atau, melakukan fraud, melarikan uang nasabah dan sebagainya.

Integritas berjalan jauh dan reputasi Anda dipertaruhkan, sehingga berperilaku sesuai. Jangan menipu diri sendiri - Anda akan ditangkap, maka, jujurlah.

9. Jangan Membuang Waktu Anda

Jika Anda telah menghabiskan 30 menit di telepon dengan debitur, Anda mungkin akan membuang-buang hari Anda. Penggunaan terbaik waktu Anda adalah mengatur pembayaran. Sekali lagi, ambil napas dalam-dalam dan putuskan - apakah debitur ini akan membayar? Buat keputusan yang tepat dan akhiri panggilan dengan konsekuensi yang baik.

10. Santailah

Ini jelas merupakan waktu yang sulit bagi debitur atau dapat membuat malu orang yang anda telpon. Cobalah, ajak ia berbicara dengan santai, tidak ada salahnya bersenang-senang saat Anda melakukan pekerjaan Anda. Ini akan membuat debitur merasa nyaman dan hari Anda akan lebih cepat jika Anda bersenang-senang dan menikmati diri sendiri.

Penagihan utang bisa menjadi pekerjaan yang menyenangkan - seperti yang lain. Itu semua tergantung pada sikap Anda. Jadi cobalah dan tetap positif dan tunjukkan sisi lucu Anda dengan debitur.

“Kolektor terbaik memiliki berbagai keterampilan yang membuat mereka sukses - kecerdasan, intuisi, kemampuan untuk menjadi objektif, berpikir cepat untuk beradaptasi dengan situasi baru, kemampuan diksi dan komunikasi yang baik, kemampuan memecahkan masalah, dan beberapa karisma. Namun, kolektor dengan keterampilan ini tidak akan berhasil kecuali mereka hanya mendengarkan dan belajar. Siapa pun bisa menjadi kolektor yang hebat, selama mereka memiliki kemampuan untuk mendengarkan, belajar, dan mengambil arah. Selamat bersenang-senang di sana!,” kata Adam.(***)

Referensi:
#Kiat Sukses Menagih Hutang Dengan Telepon
#Email, WhatsApp dan SMS, kiat menjadi kolektor yang sukses
#Kiat sukses menjadi kolektor
#Tips menjadi kolektor yang sukses
#Tips sukses menjadi kolektor
#Tips menagih hutang yang sukses
#Cara penagihan yang baik
#Cara sukses menjadi kolektor
#Cara menjadi kolektor sukses
#Tips kerja kolektor supaya sukses
#Tips menagih hutang yang sukses
#Tips sukses menagih hutang

No comments