Breaking News

Penderita Diabetes Dianjurkan Makan Ikan

Penderita diabetes sebaiknya mengikuti anjuran ini: mengonsumsi ikan. Seperti yang dilansir dari Majalah Gatra bahwa berdasarkan penelitian Dokter Amanda Adler, ikan bisa mencegah kerusakan ginjal yang kerap terjadi pada pasien diabetes.

Penderita Diabetes Dianjurkan Makan Ikan
free image by pixabay
“Makan ikan dua kali seminggu bisa menurunkan angka kerusakan ginjal” Ujar Dokter Amanda Adler seperti yang dimuat oleh reuters.

Diabetes militus alias kencing manis menjadi momok yang menakutkan dan memiliki angka penderita yang semakin meningkat tiap tahun. Pola hidup yang kurang sehat menjadi salah satu penyebab dari penyakit ini disamping faktor-faktor lainnya.

Diabetes atau kencing manis memiliki banyak dampak berupa komplikasi bagi penderita. Selain merusak pembuluh darah yang mengakibatkan pasien harus diamputasi, juga dapat menimbulkan kebutaan, serangan jantung, stroke, dan ginjal.

Kadar gula darah yang tinggi memaksa ginjal bekerja keras. Lama kelamaan kondisi tersebut dapat mengganggu fungsi ginjal.

Dari analisis yang dilakukan oleh Adler terhadap 22.000 diabetasi (pasien diabetes) diperoleh bahwa urine 517 pasien mengandung albumin sebesar 8,3%. Albumin merupakan prediksi mengenai tingkat kerusakan pada ginjal. Itu terjadi pada mereka yang kurang makan ikan kurang dari sekali sepekan.

Sedangkan sisanya mengonsumsi ikan dua kali sepekan, sehingga albumin pada urinenya hanya 4%. Artinya, tingkat kerusakan ginjal pengonsumsi ikan dua kali sepekan lebih rendah dibandingkan dengan hanya mengondumsi kurang dari sekali sepekan.