Breaking News

Menjadi Blogger Profesional Dengan Mengembangkan Hobi, Minat dan Bakat

Menjadi Blogger Profesional Dengan Mengembangkan Hobi, Minat dan Bakat; Pentingkah menjadi seorang blogger? Pertanyaan itu sangat menohok bagi saya, karena ketidak pahamannya atas pentingnya peran para blogger yang bertebaran di dunia maya ini. Dengan adanya blogger yang bertebaran di dunia maya maka informasi yang dihasilkan oleh para blogger dapat dengan mudah sampai kepada para pembaca.

Menjadi Blogger Profesional Dengan Mengembangkan Hobi, Minat dan Bakat

Ada beragam konten dari blog-blog yang bisa dilacak dan itu merupakan hasil karya para blogger. Dari yang secara jujur, manipulatif dan hoax sekalipun ada. Maka dari itu, konten yang bertebaran itu pula harus secara jeli kita pelajari dan ambil hikmahnya. Carilah konten yang menebar kebenaran dan jauhi konten blog yang menebar kebohongan.

Ada banyak tujuan orang ngeblog, salah satunya adalah untuk menghasilkan uang. Lantas, jika telah menjadikan blog sebagai ladang untuk menghasilkan uang maka blogger ini bisa dikatakan sebagai seorang blogger profesional.
Baca Juga: Mencari Uang Dengan Blog
Blogger sebagai sebuah profesi bukanlah sebuah aib. Tetapi, suatu pilihan bijak dari banyak profesi lain diluar. Menjadi seorang penulis buku, mungkin saja membutuhkan ketelatenan, tenaga, pikiran dan materi yang luar biasa. Menjadi blogger juga bisa seperti itu, ada karya yang disuguhkan kepada para pembaca, para penikmat konten yang kita tawarkan.

Beberapa jenis blogger profesional yang bisa menjadi pilihan adalah sebagi berikut:

Traveller Blogger

Ada banyak para traveller blogger yang secara profesional melakukan perjalanan. Konten yang dijual ada berupa tulisan, foto dan video tempat-tempat yang telah dikunjungi. Cara ini sangat menyenangkan bukan, sudah menjalankan hobi dan bersenang-senang pula. Kita bisa mengunjungi banyak tempat wisata di suatu daerah.

Ada banyak tempat wisata yang sebelumnya tidak diketahui banyak orang, tetapi dengan postingan para traveller blogger, tempat-tempat yang awam itu menjadi terpublikasi secara luas oleh para blogger. Artinya traveller blogger juga sebagai tempat promosi wisata gratis. Memanfaatkan mereka sebagai sarana promosi yang murah meriah, tetapi jangan anggap ini murahan, karena ibaratnya para traveller blogger ini adalah pahlawan tanpa tanda jasanya pada sektor pariwisata.

Designer Blogger

Para designer memerkan designnya pada pihak luar dengan catwalk yang sedemikan rupa. Para designer ini juga ada yang berkutat dengan dunia blog. Blog menjadi panggung mereka untuk berkreasi. Ya, bagi para designer ada banyak cara untuk mendapatkan panggung, dan blog adalah salah satunya.

Dengan mengembangkan blog sebagai ajang publikasinya para designer profesional ini ingin menggapai seluruh aspek pembaca. Siapapun itu dapat mengakses rancangan mereka, ada yang gratis dan juga ada yang berbayar untuk melihat hasil rancangannya. Untuk yang berbayar tentu kita harus berlangganan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Designer yang dimaksud disini tidak berbatas pada hanya pada design pakaian saja, tetapi bisa pada bentuk bangunan rumah, design ruangan dan juga bisa pada design frurniture dengan beragam mode. Tergantung spesifikasi yang ingin dibangun dan tentunya yang paling dikuasai.

Fashion Blogger

Fashion blogger banyak diminati oleh kaum hawa. Para fashion blogger ini biasanya selain sangat modis mereka juga berparas cantik. Sebagai brand untuk menjual. Tentunya daya tarik atas mereka yang tawarkan menghadirkan sesuatu yang lebih.

Instagram, menjadai sarana kekinian yang bisa menjadi tempat mengekspresikan diri melalui fashion. Tentunya dengan sentuhan-sentuhan yang indah, sebuah fashion bisa menjadi sebuah ketertarikan bagi para pelangan yang ingin menikmatinya.

Para pelanggan fashion blogger biasanya sangat menanti setiap kali update dari foto atau video yang ditawarkan.

Tulisan dan tutorial pada Content Blogger

Tak ubahnya seperti media online para blogger pada konten yang berlatar tulisan juga menjadi kekuatan sendiri. Para blogger yang menawarkan solusi atas permasalahan yang terjadi, yang mungkin saja tidak diisi oleh media-media online berbalut berita.

Tetapi saat ini media-media online ini sudah banyak juga yang merambah dan mengambil peran para blogger. Konten yang ditawarkan oleh media-media online ini juga tidak melulu berita tetapi juga banyak garapan dari para blogger yang sebelumnya mendominasi kini mereka ambil alih.

Artinya, tingkat persaingan dari wilayah yang satu ini sangat besar. Begitu juga dengan wilayah profesional blogger lainnya. Tetapi kemenangan dari blogger lainnya (traveller, designer dan fashion), mereka justru menjadi narasumber dari pemberitaan yang diberikan oleh media-media online tersebut.
Baca Juga: Analisis SWOT: Potensi Blog Untuk Generasi Muda
Tulisan yang menjadi kekuatan Content Blogger haruslah mampu menjawab segala persoalan yang ada, juga tingkat persaingan dengan memperhatikan pentingnya SEO. Walaupun kini tidak hanya melalui mesin pencari saja, mendapatkan pembaca juga bisa melalui media sosial, namun pengunjung organik juga sangat penting, karena mengharapkan orang lain untuk menshare ulang tulisan kita belum tentu kita peroleh dengan mudah.

Lantas, manakah yang kamu pilih. Ya, ada banyak pilihan lainnya yang bisa kamu kembangkan sendiri, menjadi blogger mana yang harus kamu pilih. Bisa juga blog tentang resensi buku, sinopsis, download lagu, download film, yang tentunya tidak melanggar hak cipta orang lain. Semua bisa kamu kembangkan dengan senang hati dan bersemangat jika kamu hobi, sesuai minat dan bakat yang kamu miliki.