Breaking News

10 Prediksi Atau Ramalan Yang Benar-benar Terjadi Dalam Sejarah

Ada banyak kejadian-kejadian unik yang terjadi dalam sejarah manusia. Sebagai mahluk yang berakal, manusia dengan kecerdasannya mampu memprediksikan atau meramalkan kejadian di masa depan. Berikut 10 prediksi atau ramalan yang benar-benar terjadi dalam sejarah manusia:


Morgan Robertson Memprediksikan Bencana Titanic

Pada tahun 1898, Morgan Robertson mempublikasikan sebuah novel dengan judul “Futility or the Wreck of the Titan”. Novel ini menceritakan tentang kapal laut fiksi, “Titan”, yang tenggelam di Samudera Atlantic Utara setelah menabrak gunung es. Empat tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1912 RMS Titanic tenggelam dan dinyatakan sebanyak 1.503 orang meninggal dunia.

10 Prediksi Atau Ramalan  Yang Benar-benar Terjadi Dalam Sejarah

Sebenarnya daftar persamaan antara fiksi Titan dengan Titanic benar-benar luas. Titan digambarkan dengan ukuran dan kecepatan yang sama dengan RMS Titanic, keduanya tenggelam di bulan April, kedua-duanya kehilangan lebih dari setengah penumpang dan kru. Kedua-duanya memiliki keterbatasan sekoci ketika dalam keadaan bahaya.

Menariknya, berdasarkan fakta bahwa Robertson menulis novel itu sebelum Titanic dikonseptualisasi. Jadi bagaimana dengan cerdiknya ia memprediksian bencana ini? Robertson menolak tuduhan tentang kewaskitaan yang dimilikinya, ia mengatakan bahwa kesamaan tersebut hanyalah hasil dari pengetahuannnya tentang perkapalan dan maritim.

H.G. Wells Memprediksikan Bom Atom

Pada tahun 1914, H.G. Wells, penulis dari “The Time Machine” dan “The War of the Worlds” memprediksikan kekejaman yang terjadi pada Perang Dunia Kedua. Banyak orang tidak berani mengimajinasikan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi: kerusakan kota-kota oleh bom atom.

10 Prediksi Atau Ramalan  Yang Benar-benar Terjadi Dalam Sejarah

Pada novelnya “The World Set Free”, ia menggambarkan uranium – yang berbasiskan granat yang akan terus “berlanjut meledak tanpa batas waktu”. Wells mengetahui sedikit tentang elemen radioaktif, dan telah membaca tentang fisika atom. Tetapi, ia tidak mengetahui bahwa ini akan menjadi kenyataan senjata kekuatan nuklir dimasa depan.

Manhattan Project, yang merancang bom atom pertama baru dimulai pada 28 tahun setelah buku Wells di publikasikan. Proyek ini melahirkan kreasi dari Little Boy dan Fat Man, bom nuklir yang dijatukan di Hiroshia dan Nagasaki, yang diestimasi menewaskan sekitar 226.000 orang.

Nikola Tesla Mendiskusikan Tentang Teknologi Masa Depan “Wi-Fi”

Pada abad kedua puluh, penemu dan insinyur keturunan Amerika-Serbia, Nikola Tesla, terkenal dengan kontribusinya dalam pengembangan sistem persediaan listrik modern. Pada tahun 1909, wawancara dengan New York Times, Tesla mendiskusikan tentang pemikiran dan prediksinya tentang teknologi masa depan. Ia mengatakan “it will soon be possible to transmit wireless messages all over the world so simply that any individual can carry and operate his own apparatus.”

10 Prediksi Atau Ramalan  Yang Benar-benar Terjadi Dalam Sejarah

Statemen ini sulit dipercaya pada waktu itu, sebagaimana mobile telephone diciptakan tahun 1973 dan Wi-Fi tidak diperkenalkan sampai dengan 1991. Ini juga dapat diperdebatkan bahwa ramalan Tesla tentang penemuan skype dan video calling. Pada tahun 1926 ia mengatakan bahwa “through television and telephony we shall see and hear one another as perfectly as though we were face to face despite intervening distances of thousands of miles”.

Pada tahun 2013, untuk mengenangnya, maka dibangunlah patung Tesla di San Fransisco, dengan free Wi-Fi untuk para pengunjung. Dan itu menggambarkan seperti apa yang ia inginkan.

Robert Boyle Membicarakan Tentang Transplantasi Organ

Robert Boyle adalah seorang ilmuan fenomenal yang berpengaruh, dikenal sebagai “Bapak Ilmu Kimia Modern”. Penemuan terbaiknya adalah Boyle’s Law -yang mengatakan tentang  tingkah laku gas- dan sebagai jalan yang biasa digunakan untuk eksperimen hipotesisnya.

10 Prediksi Atau Ramalan  Yang Benar-benar Terjadi Dalam Sejarah

Pada tahun 1660-an, ia membuat “daftar harapan” untuk masa depan sains, secara eksplisit tercatat pada jurnalnya - in the future- medicine will see “the cure of diseases by transplantation”, sebuah gagasan yang tak terpikirkan sebelumnya.

Pada tahun 1954, lebih dari 300 tahun setelah perdiksi mengejutkan Boyle – Dr. Joseph Murray dan Dr. David Hume untuk pertama kalinya sukses melakukan transplantasi organ, yakni transplantasi ginjal. Pada saat ini prosedur penyelamatan melalui transplantasi organ telah digunakan di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, pada tahun 2014 saja telah dilakukan transplantasi ginjal sebanyak 17.107 kali.

Ramalan Edgar Cayce bahwa Tahun 1929 Wall Street Jatuh

Edgar Cayce, di awal tahun 1920-an sangat terkenal dengan mistik. Pada saat kesurupan, ia menjawab pertanyaan-pertanyaan perihal isu pribadi sampai dengan politik nasional, dengan klien terkenalnya termasuk Woodrow Wilson dan Thomas Edison.

10 Prediksi Atau Ramalan  Yang Benar-benar Terjadi Dalam Sejarah

Pada tahun 1925, Cayce mulai memperingatkan bahwa pada tahun 1929 ia melihat dimulainya bencana depresi ekonomi di Amerika Serikat. Beberapa klien memperhatikan peringatan Cayce dan menarik tabungan mereka di bank.

Seperti prediksi Cayce, pada tahun 1929 Bursa Saham New York jatuh. 13 juta orang kehilangan pekerjaan dan harga saham tidak kembali normal sampai dengan tahun 1954. Ramalan Cayce tidak berhenti begitu saja. Pada tahun 1938, ia memprediksikan bahwa arkeolog akan mendapatkan penemuan dibawah lumpur dan air laut dekat Bimini, Bahama, pada tahun 1968 atau 1969, dan ini merepresentasikan sebagai Atlantis. Dan kejutan di tahun 1968, terbongkar sebuah misteri formasi bebatuan bawah air yang diklaim oleh beberapa orang sebagai bagian dari legenda Atlantis kota yang hilang. Ia juga secara akurat memprediksikan kematiannya sendiri. Pada 1 Januari 1945, ia mengatakan bahwa ia akan dikuburkan dalam 4 hari lagi. Perkataannya benar, ia meninggal terkena stroke pada 3 Januari 1945

Mark Twain Meramalkan Kematian dirinya Sendiri

Pada autobiografinya tahun 1909, ikon sastra Amerika, Mark Twain, membuat ramalan yang tak menggembirakan tentang waktu kematiannya sendiri. Twain dilahirkan pada tanggal 30 November 1835, berdekatan dengan visibilitas Komet Halley dari Bumi, yang terjadi setiap 75 atau 76 tahun. Pada usia 74 tahun, Twain menuliskan: "aku datang dengan komet Halley pada tahun 1835. Ia akan datang kembali tahun depan, dan aku berharap akan pergi bersamanya". Twain meninggal pada 21 April 1910, beberapa hari setelah komet muncul kembali.

10 Prediksi Atau Ramalan  Yang Benar-benar Terjadi Dalam Sejarah

Bahkan bukan hanya itu saja ramalan Twain tentang masa depan yang terbukti, pada tahun 1898, ia menuliskan tentang cerita fiksi ilmiah “From the London Times in 1904”. Dengan setting waktu 6 tahun kedepan. Pada ceritanya, ia menggambarkan sebuah alat yang disebut “Telelectroscope”, yang terkoneksi dengan sistem telepon di dunia dan membuat setiap orang dapat terlihat aktivitasnya sehari-hari. Dan pada prediksi Twain tentang internet terjadi 90 tahun sebelum Tim Berners-Lee meluncurkan “World Wide Web

Jules Verne memprediksikan Pendaratan Manusia di Bulan

Penulis lainnya yang menulis fiksi dan benar terjadi adalah Jules Verne. Seorang novelis Perancis di abad 19 yang menuliskan cerita perjalanan klasik “Around the World in Eighty Days”. Pada tahun 1865, ia menuliskan sebuah fiksi ilmiah yang berjudul “From the Earth to the Moon”. Tulisan ini bercerita tentang manusia pertama yang melakukan perjalanan ke bulan. Dan seperti diketahui pada 20 Juli 1969, Neil Armstrong menjejakkan kakinya di bulan, hampir seabad setelah Jules Verne mengimajinasikannya.

10 Prediksi Atau Ramalan  Yang Benar-benar Terjadi Dalam Sejarah

Tetapi fakta sederhana tentang imajinasi Verne yang berkaitan dengan perjalanan ke bulan, kemungkinan suatu hari nanti akan ada sesuatu prediksi lainnya yang patut diperhatikan. Seperti, kesamaan antara misi Apollo dengan perjalanan yang ia buat “From the Earth to the Moon” tentang jumlah astronot yang melakukan perjalan dan fakta kedua roket yang diluncurkan di Florida. Namun, suatu kebetulan yang sangat mengagumkan yakni penggambaran Verne tentang pengalaman astronot yang merasakan tubuhnya seperti tak berbobot. Pada poin yang ia tulis, para ilmuan tidak mengetahui tentang peerbedaan perilaku grafitiasi di angkasa, jadi tak mungkin ia telah mengetahuinya.

Alexis De Tocqueville Menerawang Akan Terjadi Perang Dunia di Tahun 1840

Kembali pada tahun 1840-an, lebih dari 60 tahun kemerdekaan Amerika Serikat dari Britania. Dan negara ini terbagi-bagi dalam perang sipil. Apalagi Rusia yang masih dibawah rezim otokrasi dan hierarki Tsar. Anda tidak akan menyangka bahwa satu abad kemudian kedua negara ini akan menjadi super power utama yang akan berperang untuk mendapatkan supremasi dunia.

10 Prediksi Atau Ramalan  Yang Benar-benar Terjadi Dalam Sejarah

Seorang ilmuan Perancis Alexis de Tocqueville dalam publikasinya “Democracy in America” mempredisikan bahwa di tahun 1840, akan ada dua negara besar di dunia, dimulai dari sesuatu yang berbeda, seperti kemajuan pencapaian masa depan, yakni Rusia dan Anglo-American. Seperti sesuatu hasrat rahasia yang akan mengendalikan nasib sebagian dunia.

Cukup tepat, pada pertengahan abad 20 terlihat tensi yang tinggi antara Amerika dan Uni Soviet dengan setiap percobaan untuk lebih baik diantara lainnya atas kemajuan nuklir masing-masing negara, teknologi angkasa dan pengaruh internasional.

Ramalan Kebakaran London Oleh Nostradamus

Pada abad ke-16, ramalan dari seorang apoteker Prancis Sir Michel de Nostredame sangat melegenda. Ia dipercaya dengan prediksinya yang banyak sekali tentang kejadian-kejadian di dunia. Bahkan satu dari ramalannya terjadi lebih dari empat abad setelah kematiannya.

Salah satu ramalannya yang paling terkenal yakni Kebakaran London yang menelan kota ini pada tahun 1666 dan menghancurkan sekitar 70.000 rumah dan 80.000 jiwa penduduk kota. Pada bukunya tahun 1555 ia menuliskan: “The blood of the just will be lacking in London, burnt up in the fire of 66”.

10 Prediksi Atau Ramalan  Yang Benar-benar Terjadi Dalam Sejarah

Selanjutnya, ini merupakan pembuktian dari prediksi Nostradamus yakni Revolusi Prancis di tahun 1789. Ia mengatakan: “From the enslaved populace, song, chants and demands while princes and lords are held captive in prisons.” Ini terdengar sama dengan cara para petani tertindas bangkit dan menahan aristokrasi Perancis selama revolusi.

Pemikiran-pemikiran Leonardo Da Vinci

Ilmuan, seniman, matematikawan, musisi.......... ada sedikit lapangan ilmu pada renaisans Leonardo da Vinci bukanlah ahlinya. Catatan Da Vinci, yang merekam pikirannya dari pertengahan 1480 sampai dengan kematiannya di tahun 1519. Dituliskan dengan rancangan untuk penemuan dan teknologi yang lengkap dan melampaui batas waktunya.

10 Prediksi Atau Ramalan  Yang Benar-benar Terjadi Dalam Sejarah

Tidaklah akurat atas penemuan da Vinci pada item ini, seperti diagramnya yang tidak direncanakan secara detail bagaimana mereka bekerja, tetapi lebih dari prediksi penemuan ini dapat terwujud. Contohnya, ia menggambarkan sebuah tank- seperti kendaraan perang lapis baja – lebih dari 400 tahun berikutnya ini menjadi kenyataan. Selanjutnya, da Vinci menggambar diagram parasut, 3 abad setelahnya parasut pertama diterbangkan oleh Andre-Jacques Garnerin pada tahun 1797.

Pada tahun 2000, penerjun payung Adrian Nicholas menguji parasut dari design da Vinci, menggunakannya untuk keamanan melompat dari balon udara dengan ketinggian 3000 meter. Ia menggambarkan dalam mengendarainya terasa lebih halus dibandingkan dengan parasut modern, tetapi karena bobotnya 9 kali lebih berat dari pada parasut hari ini, memberikan resiko cedera pada saat pendaratan.

Demikianlah tulisan tentang 10 prediksi atau ramalan yang benar-benar terjadi dalam sejarah, mudah-mudahan dapat menghibur dan memberikan tambahan pengetahuan bagi kita semua.