Breaking News

Perlunya Standar Kompetensi Dalam Dunia Pendidikan

Pendidikan adalah salah satu unsur terpenting dalam menentukan maju atau tidaknya sebuah negara, karena pendidikan adalah sebuah indikator. Jika sistem pendidikan di suatu negara baik, maka kualitas sumber daya manusia dalam negara itu akan baik pula dan sebaliknya apabila sistem pendidikan di suatu negara buruk maka kualitas sumberdaya manusia dalam suatu negara itu akan buruk pula.

Perlunya Standar Kompetensi Dalam Dunia Pendidikan
Ariqsi Thoriq Aufaltiar

Bicara soal pendidikan tidak jauh dari sekolah atau lembaga pendidikan, sekolah yang baik memiliki sistem pendidikan yang baik, tenaga pengajar yang baik sehingga dapat mencetak generasi penerus bangsa yang kompeten.
Problema-problema yang ada pada dunia pendidikan saat ini adalah dalam seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi atau lembaga pendidikan yang membutuhkan seleksi. Orang tua yang menginginkan anaknya menempuh pendidikan di lembaga yang dituju akan melakukan segala cara agar dapat anaknya diterima di lembaga tersebut padahal anak tersebut tidak memiliki standar kompetensi untuk menempuh pendidikan di lembaga pendidikan yang bersangkutan.

Jika peserta didik tersebut tidak memenuhi standar kompetensi yang disyaratkan dalam lembaga itu maka nantinya peserta didik akan mengalami kendala pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Karena kebiasaan melakukan segala cara untuk mencapai sesuatu yang diinginkan ini, pada saat perjalanan dalam pendidikan pun akan melakukan hal seperti menyuap tenaga pendidik agar mendapat nilai yang bagus, atau dengan membeli ijazah. Sehingga sumber daya manusia yang tercipta tidak memiliki daya kompetensi. Sehingga pada dunia kerja mereka lebih banyak melakukan kerugian dan akan merusak bangsa akibat kebiasaan tersebut.
Hal ini yang harus dibasmi di negeri ini agar dunia pendidikan di indonesia akan berjalan dengan baik dan tidak terjadi kebiasaan suap menyuap seperti ini. Jika ada yang bertanya Bagaimana jika orang tua menginginkan anaknya untuk bersekolah di sekolah yang bagus? Bukankah pendidikan adalah hak setiap orang?. Ya, benar pendidikan adalah hak setiap orang namun dengan begitu bukan berarti dalam pendidikan tidak ada syarat atau batasan kemampuan sesorang untuk menempuh pendidikan.
Jika orang tua menginginkan anaknya bersekolah di sekolah yang baik, maka orang tua harus membantu atau berperan dalam mendidik anaknya agar dapat memenuhi standar agar anaknya bisa bersekolah di sekolah yang mereka inginkan. Jika semua orang tua melakukan ini dengan baik, mungkin anak di indonesia akan pintar semua sehingga pendidikan di indonesia dapat maju.

Perlunya Standar Kompetensi Dalam Dunia Pendidikan
Oleh: Ariqsi Thoriq Aufaltiar
Mahasiswa FEB Unila, Aktif di HMI CBL Komisariat Ekonomi Unila