Breaking News

Sejarah Singkat Pro-Strategic Tourism Institute

Pro-Strategic Tourism Institute (PSTI) didirikan pada 3 Oktober 2016 melalui Berita Acara Pendirian Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Pro-Strategic Tourism Institute dan SK Pengurus Yayasan Pro-Strategic No. 02/Kep/P-S.2/2016 Tentang Pengangkatan Pengelola Pro-Strategic Tourism Institute. Berdirinya Pro-Strategic Tourism Institute tidak bisa dilepaskan dari peran serta Yayasan Pro-Strategic. Yayasan Pro-Strategic merupakan lembaga yang didirikan dengan Visi: “Menjadi Pusat Pengembangan SDM dan Bisnis yang Ternama di Indonesia Tahun 2020”.

Sejarah Singkat Pro-Strategic Tourism Institute
Dengan tagline “We Are The Human Capital Developer” Pro-Strategic menjelma menjadi lembaga pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia, strategi bisnis dan kewirausahaan berbasis teknologi informasi yang memiliki kompetensi dan fokus dalam penyelenggaraan pelatihan dan konsultasi pengembangan SDM, perencanaan strategic, implementasi rencana strategik dan serta pengembangan kewirausahaan.
Baca Juga: Pro-Strategic Foundation Dirikan Tourism Institute
Pro-Strategic didirikan untuk menjawab kebutuhan akan pengembangan potensi perekonomian Indonesia agar lebih dapat berkembang dan kompetitif dalam percaturan ekonomi global terutama periode implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dalam pengembangan SDM insan pendidikan, Pro-Strategic berkeyakinan harus dilakukan penguatan kapasitas pada semua elemen satuan pendidikan baik itu secara organisasional maupun secara individu, yakni pimpinan sekolah, guru dan pengawas pada semua jenjang pendidikan, sebagai yang bertanggungjawab langsung untuk pengembangan masa depan SDM Indonesia yang berdaya saing.
Dengan keadaan demikian maka Misi 1 dari Pro-Strategic adalah “Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang komputer, ekonomi dan bisnis” dan Misi 2 “Menyelenggarakan pelatihan termasuk seminar dan workshop dalam bidang manajemen bisnis dan publik”. Salah satu tujuan dari Pro-Strategic adalah melaksanakan pendidikan, pelatihan dan konsultasi dalam rangka pengembangan sumberdaya manusia pada Instansi Pemerintahan, BUMN dan BUMD, Swasta, Masyarakat Umum atau Perseorangan.
Baca Juga: PSTI Kunjungai Air Terjun Anglo dan Desa Gunung Rejo Way Ratai Pesawaran
Untuk mengimplentasikan visi dan misi Pro-Strategic maka salah satu langkahnya adalah mendirikan Pro-Strategic Tourism Institute. Keberadaan Pro-Strategic Tourism Institute diharapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan lembaga dan pengembangan sumber daya manusia khususnya di sektor pariwisata.
Kesadaran akan pentingnya mendirikan sebuah lembaga pendidikan non formal yang bergerak pada sektor kepariwisataan disebabkan oleh dinamika yang terjadi saat ini. Dimana, disadari bahwa keberadaan lembaga yang bergerak pada pengembangan sumber daya manusia kepariwisataan dapat dikatakan tidak berjalan dengan optimal. Sehingga, keberadaan Pro-Strategic Tourism Insitute  diharapkan mampu mengisi ruang-ruang yang tidak mampu dikembangkan oleh lembaga lainnya.
Secara bertahap, satuan yang berada di Struktur Pro-Strategic Tourism Insitute mulai menjalankan peran dan fungsi masing-masing. Sampai dengan saat ini Pro-Strategic Tourism Insitute terus berbenah untuk meningkatkan dan mematangkan dirinya sebagai lembaga yang memanusiakan manusia. Sehingga, sektor-sektor kepariwisataan yang terus berkembang dapat berjalan dengan beriringan dengan keberadaan Pro-Strategic Tourism Insitute.