Breaking News

PSTI Kunjungi Air Terjun Anglo dan Desa Gunung Rejo Way Ratai Pesawaran

Pada hari Selasa (31/01/2017) team Pro-Strategic Tourism Institute (PSTI) lakukan kunjungan ke salah satu desa di Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran. Team PSTI dipimpin langsung Ketua Pro-Strategic Foundation Dadang Ishak Iskandar bersama Ketua Bidang Pendidikan dan Latihan Pro-Strategic Foundation Usep Syaifudin.

PSTI Kunjungi Air Terjun Anglo dan Desa Gunung Rejo Way Ratai Pesawaran
Team PSTI

Kunjungan PSTI ke desa Gunung Rejo disambut langsung oleh Kepala Desa Gunung Rejo Suranto. Pada diskusi singkat dengan Kepala Desa Gunung Rejo terungkap bahwa desa-desa diseputaran Kecamatan Way Ratai telah menitahkan dirinya sebagai Desa Wisata. Desa Wisata yang dibentuk oleh desa-desa di Kecamatan Way Ratai menekankan pada agro wisata dan wisata alam berupa air terjun. Hal ini mengingat potensi desa-desa di Kecamatan Way Ratai yang berada di sekitar pegunungan yang memiliki banyak potensi air terjun dan kekayaan pertanian yang mereka kelola.

Terdapat perbedaan yang siginifikan bila dibandingkan dengan destinasi wisata lainnya di Kabupaten Pesawaran. Dimana sebagian besar wilayah destinasi wisata Kabupaten Pesawaran berupa wisata alam pantai. Sehingga menurut Suranto, kekayaan yang tidak dimiliki oleh kecamatan Way Ratai bukan berarti menutup diri mereka untuk bergerak pada sektor pariwisata. Justru kekuatan mereka pada sektor Agro Wisata dan Wisata Air Terjun menjadi kekuatan yang selama ini tidak dilirik oleh Pemerintah Kabupaten.

Dengan kemauan dan tekad yang mereka miliki untuk mengembangkan diri menjadi desa wisata kini mereka telah membuka destinasi wisata alam berupa air terjun yang disebut Air Terjun Anglo. Nama Anglo sendiri menurut Suranto merupakan nama peninggalan Belanda dahulu pada wilayah tersebut. Air Terjun Anglo sendiri berada di dusun Kaliawi, desa Gunung Rejo, kecamatan Way Ratai, kabupaten Pesawaran.


Air Terjun Anglo adalah destinasi wisata bentukan dari swadaya masyarakat. Air terjun ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Gunung Rejo. Antusiasme masyarakat Gunung Rejo dalam membangun desanya diakui oleh Suranto, ia menggambarkan bagaimana masyarakat desa bersama-sama bergotong royong untuk membangun jalan dengan memapras  sebagian tebing sebagai jalan menuju air terjun sebelum didatangkannya Alat Berat untuk memudahkan mereka membuka akses.


Setelah berbincang-bincang dengan Bapak Suranto, kami pun penasaran dengan Air Terjun Anglo yang menjadi destinasi wisata desa Gunung Rejo. Dengan ditemani perangkat desa setempat team PSTI menyusuri jalan menuju Air Terjun Anglo yang berjarak kurang lebih 2 kilometer dari Kantor Kepala Desa Gunung Rejo. Diatas beberapa video perjalanan team PSTI menuju Air Terjun Anglo, Desa Gunung Rejo, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran.