Breaking News

Festival Kopi Lampung 2016 (Lacofest 2016): Dari Industri Kreatif, Pariwisata dan Kuliner Unggulan



Festival Kopi Lampung 2016 (Lacofest 2016): Antara Industri Kreatif, Pariwisata dan Kuliner Unggulan: Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia. statistik perkebunan Indonesia mencatat Provinsi Lampung mempunyai kontribusi kedua terbesar terhadap total produksi kopi dengan produktivitas kopi terbesar di Indonesia.

 
Festival Kopi Lampung 2016 (Lacofest 2016): Dari Industri Kreatif, Pariwisata dan Kuliner Unggulan
Ahmad Marullah
Prestasi tersebut memiliki potensi untuk mengembangkan industri kreatif dibidang olahan kopi. Lampung mempunyai ciri khas bukan hanya dalam jenis biji kopi, tetapi juga dalam jenis produk konsumsinya. Rantai nilai dan pasok dari biji kopi Lampung merupakan harta karun terpendam yang mesti dibangunkan dari tidurnya. Potensi ini bisa dikembangkan dari sektor hulu dan hilir industri kopi Lampung, terutama kopi Robusta Lampung.


Pada umumnya kopi yang kita konsumsi dalam bentuk minuman. Kreasi khas dalam minuman kopi bisa menjadi karya nyata dari Provinsi Lampung dalam mengembangkan potensi sumberdaya alam dan industri kreatifnya. Karena yang unik akan memberikan nilai tambah pada produk. Sebut saja kopi durian, minuman kopi yang dipadukan dengan buah, merupakan kreasi dari berbagai jenis minuman kopi. Dan mungkin lebih banyak lagi kreasi khas bumi Lampung yang belum tergali. Strategi tersebut akan memberikan keunggulan kompetitif yang akan memperkuat daya saing Provinsi Lampung sebagai salah satu sentra kopi nasional. 

Festival Kopi Lampung 2016 (Lacofest 2016): Dari Industri Kreatif, Pariwisata dan Kuliner Unggulan

Bisa jadi suatu saat nanti, kopi Lampung sebagai pemasok industri farmasi kebanggaan negeri. Lampung bisa menjadi pelopor dengan mengembangkan industri kopi melalui pengembangan pohon industri kopi. Kopi, bukan sekedar minuman, ia memiliki fungsi kesehatan untuk tubuh, pembakar lemak, penguat jantung dan banyak lagi manfaat yang bisa digali sesuai dengan takaran yang dibutuhkan.


Festival Kopi Lampung/ Lampung coffee festival (Lacofest) 2016 adalah Salah satu upaya pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perkebunan Provinsi Lampung untuk mendorong maksud tersebut. Pemerintah provinsi hadir sebagai inisiator untuk menggerakkan industri kreatif dan menampilkan identitas kopi lampung melalui lacofest sebagai sarana promosi, pengembangan industri dan ajang pencari bakat pada dunia perkopian.

Festival Kopi Lampung 2016 (Lacofest 2016): Dari Industri Kreatif, Pariwisata dan Kuliner Unggulan

Lacofest hadir sebagai semangat baru perkopian Lampung. Terlihat sekali bagaimana Pemprov Lampung menggandeng beberapa komunitas yang dianggap mampu membumikan kopi Lampung. Tentunya semangat ini bertujuan mengelola bagaimana sumberdaya kopi agar mampu menyejahterakan dan membanggakan bagi masyarakat Lampung.


Lacofest akan digelar tanggal 7-8 desember 2016 Di Mall Boemi Kedaton dengan Perang Barista sebagai acara pembuka. Disini juga akan ada banyak komunitas otomotif, medsos dan fotografi, dan aktivis mahasiswa yang akan mengisi acara kopikongkow. Acara ini akan ditutup dengan malam puncak kopi Lampung untuk Indonesia.

Kegiatan ini akan meningkatkan citra kopi sebagai ikon Provinsi Lampung khususnya Kopi Robusta Lampung. Sehingga objek wisata bukan hanya keindahan alam melainkan kuliner khususnya aneka minuman kopi. Jika promosi berjalan efektif maka akan menimbulkan permintaan yang besar dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi disektor perkebunan dan industri olahan kopi pada jangka panjang kedepan. Semoga.

Festival Kopi Lampung 2016 (Lacofest 2016): Antara Industri Kreatif, Pariwisata dan Kuliner Unggulan
Oleh: Ahmad Marullah (Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Lampung)