Breaking News

Pertamina : Memperbaharui Semangat, Memperkuat Komitmen



Memperbaharui Semangat, Memperkuat Komitmen Pertamina 2015 adalah tema besar Pertamina pada tahun 2015. Didalam Annual Report Pertamina tahun 2015 dituliskan bahwa: Terpuruknya harga minyak mentah sejak awal tahun 2015 memberikan tantangan berat bagi perusahaan di sektor migas tidak terkecuali pertamina untuk menopang stabilitas perusahaan di tengah kondisi tersebut, Pertamina mencanangkan Program 5 Prioritas Strategis yang terdiri dari pengembangan sektor hulu, efisiensi semua lini, peningkatan kapasitas kilang dan petrokimia, pengembangan infrastruktur dan marketing, serta perbaikan struktur keuangan.

Pertamina : Memperbaharui Semangat, Memperkuat Komitmen


Melalui berbagai inisiatif breakthrough project di kelima aspek prioritas strategis yang dicanangkan, Pertamina mampu menutup tahun 2015 dengan membukukan kinerja yang cukup memuaskan baik dari operasional, finansial maupun non finansial. Tahun 2015 dengan demikian menjadi tahun pembuktian bagi pertamina bahwa kondisi krisis tidak menyurutkan semangat, namun justru membulatkan tekad di seluruh jajaran perseroan untuk berjuang lebih keras dalam komitmen bersama mewujudkan kemandirian energi bagi bangsa dan negara Indonesia.


Pertamina mengungkapkan kesinambungan temanya pada setiap tahun yakni:

2011: The Next Step Beyond

Ungkapan “The Next Step Beyond” dimaksudkan untuk menggambarkan bagaimana Pertamina terus berinovasi, berkreasi dan berkarya, mengatasi batasan-batasan yang ada, melangkah dengan berwawasan jauh kedepan, langkah-langkah yang berlandaskan Semangat Terbarukan Pertamina untuk terus bertransformasi di segala bidang, menuju perwujudan pasti dari visi kami “Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia

2012: Entrusted With the New Energy

Ungkapan” Entrusted With the New Energy” lebih dari sekedar merujuk pada energi baru dan terbarukan. Meskipun Pertamina tengah berupaya mengembangkan sumber-sumber energi tersebut di Indonesia saat ini. Ungkapan tersebut juga mencerminkan bagaimana perkembangan dan kemajuan di internal Pertamina selama tahun 2012 telah memberikan “energi baru” bagi kami untuk mencapai akselerasi pertumbuhan yang berkelanjutan ke depan. Selain itu, sebagai National Oil Company (NOC), Pertamina memang dipercaya untuk menjaga kemandirian energi nasional. Sebuah amanat yang semakin nyata bersama dengan langkah-langkah Pertamina menuju visinya menjadi Perusahaan Energi Kelas Dunia dan Asia Energy Champion tahun 2025.

2013 Towards Global Recognition

Pada tahun 2013, Pertamina berhasil membukukan peningkatan kinerja secara keseluruhan, termasuk beberapa pencapaian dan kemajuan yang semakin mengukuhkan keberadaan Pertamina di mata dunia. Semakin mendekatkan Pertamina pada aspirasi Asian Energy Champion 2025 dan berperan aktif dalam mendukung bangsa dan negara Indonesia berdiri sejajar dengan negara-negara maju di dunia.

Tema Laporan Tahunan Pertamina tahun 2013 “Towards Global Recognition”, menggambarkan pencapaian prestasi serta inisiatif Pertamina dalam menerapkan strategi bisnisnya sehingga mampu mendapatkan kepercayaan dan pengakuan dunia Internasional.

2014 Menginspirasi Indonesia, Mendunia


Saat menjalani Tahun 2014, Pertamina menghadapi berbagai tantangan, mulai dari dampak negatif akibat turunnya harga minyak mentah dunia sampai terbatasnya ruang pertumbuhan akibat perubahan politik, kebijakan pemerintah dan birokrasi perijinan. Namun demikian, sebagai sebuah perusahaan kelas dunia, Pertamina mampu mengelola tantangan menjadi sebuah kesempatan, dan tetap kokoh berdiri sebagai Perusahaan milik Negeri yang memberikan inspirasi bagi Indonesia.

Pertamina konsisten menerapkan strategi pertumbuhan “aggressive upstream, profitable downstream”, dengan penekanan pada efisiensi dan optimalisasi produksi serta penguatan kinerja tata kelola perusahaan yang baik (GCG). Kami mengangkat tema “Inspiring Indonesia to the World” pada laporan tahunan 2014 untuk mengiringi laju pergerakan isu energi global dan berbagai inspirasi sebagai penyedia energi. Tentunya langkah ini perlu di dukung oleh semua pemangku kepentingan untuk bersama mengatasi tantangan, mengelola kesempatan, dan berbagi pembelajaran menuj pentas energi internasional.