Breaking News

Teluk Kiluan Butuh Perhatian Lebih



Di level nasional, Lampung memiliki dua ikon wisata alam yaitu Taman Nasional Way Kambas di Lampung Timur dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan di Kabupaten Tanggamus, Lampung Barat dan Pesisir Barat.


Teluk Kiluan Butuh Perhatian Lebih


Di sektor wisata bahari, ada Pantai Tanjung Setia di Pesisir Barat yang terkenal akan ombak besarnya. Peselancar luar negeri bahkan sampai membuat banyak vila di sana. Kemudian, ada Teluk Kiluan di Kelumbayan, Tanggamus. Terkenal dengan kawanan lumba-lumbanya. 

Untuk nama terakhir, wilayah sekitarnya juga memiliki potensi wisata yang tidak kalah elok. Ada Pantai Gigi Hiu, Laguna dan Pantai Paku. Jadi, selain ke Teluk kiluan, wisatawan bisa melancong ke daerah wisata sekitarnya.

Teluk Kiluan Butuh Perhatian Lebih


Sebagai ikon wisata, Teluk Kiluan memang butuh perhatian khusus. Saat ini, Pemerintah Provinsi Lampung memang sudah mengambil tindakan dengan memperbaiki akses jalan ke sana. Jika dulu harus menempuh perjalanan hingga lima jam untuk sampai Teluk Kiluan. Sekarang cuma butuh waktu dua jam saja dari Bandarlampung.

Sayangnya, masih ada jalan yang harus dibenahi yaitu di Desa Kampung Bawang dan Desa Kampung Baru. Di sana, kondisi jalan nya rusak. Jika hujan turun, kubangan air membuat jalan sulit dilalui.

Teluk Kiluan Butuh Perhatian Lebih


Kondisi ini diperparah dengan adanya aksi pungli yang dilakukan oleh beberapa warga. Aksi pungli yang ditujukan kepada wisatawan yang melalui jalur tersebut jelas sangat mengganggu. Diperlukan ketegasan dari aparatur desa setempat untuk menertibkan kegiatan pungli. 

Jika tidak ditangani, bisa jadi akan menimbulkan keengganan wisatawan untuk datang kembali. Bahkan, menimbulkan preseden buruk dalam memajukan wisata di sana. 

Teluk Kiluan Butuh Perhatian Lebih


Di Kelumbayan, dimana Teluk Kiluan berada juga merupakan sentra hasil perkebunan berupa buah pisang. Kripik pisang sebagai ikon oleh-oleh Lampung juga bisa dikembangkan di sana. Saat ini, pisang Kelumbayan banyak dikirim ke Pulau Jawa. Belum ada dikembangkan di lingkungan lokal.

Keberadaan objek wisata harus bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehjateraan ekonomi masyarakat sekitar. 

Banyak nya wisatawan luar Lampung yang datang ke Teluk Kiluan juga harus semaksimal mungkin dimanfaatkan untuk lebih memperkenalkan Lampung. Masyarakat disana bisa diberikan pelatihan untuk membuat pernak-pernik buah tangan kerajinan khas Lampung. 

Teluk Kiluan Butuh Perhatian Lebih


Selain itu, melimpahnya hasil perikanam juga bisa dimafaatkan untuk wisata kuliner. Menu Seruit Ikan sebagai makanan khas Lampung bisa mulai diperkenalkan dan dijual di lokasi wisata. Selama ini, menu yang ditawarkan kebanyakan hanya ikan bakar. 

Kondisi masyarakat di sekitar Teluk Kiluan yang heterogen, terdiri dari bermacam-macam suku memang menjadi tantangan dalam mewujudkan harapan-harapan tersebut di atas. Di sinilah pemerintah daerah melalui dinas terkait harus berkerja keras. 

Teluk Kiluan Butuh Perhatian Lebih


Mumpung Teluk Kiluan masih populer. Mumpung kawanan Lumba-lumba masih mau bermukim di sekitar Teluk Kiluan. Kesempatan tidak datang dua kali.