Breaking News

Perjuangan Itu Butuh Pengorbanan

Perjuangan Itu Butuh Pengorbanan : Seorang teman sempat berkata "berjuang terus, kapan berhasilnya?". Pertanyaan itu membuat saya mengernyitkan dahi sekaligus mengangguk. Iya juga ya, ada benarnya. Tapi, ah masak iya itu dijadikan pembenaran?

Perjuangan Itu Butuh Pengorbanan

Lalu dengan tegas saya katakan bahwa berhasil atau tidak yang penting sudah berjuang. Sebenarnya kalimat jawaban tersebut sebagai upaya untuk membesarkan hati bahwa perjuangan itu nanti bakal menghasilkan dan entah kapan datangnya. Ya, bentuk kamuflase, menghibur diri dan menciptakan suasana positif.

Setidaknya apa yang sudah dilakukan walaupun belum terlihat hasil tetapi inilah pelajaran yang harus diambil seperti tulisan sebelumnya. Jawaban-jawaban atas dinamika setiap kejadian ini menambah motivasi saya untuk terus menggapai impian yang saya tanam dalam benak ini. ini adalah langkah kesekian kalinya untuk mencapai tujuan itu.

Biarlah saat ini adalah saat untuk berpayah-payah dahulu, biar nanti waktu yang akan menjawab. Usaha telah dijalani, proses telah dijalankan sesuai dengan koridornya, dan sistem ini akan berjalan sendiri dengan maintanance yang terus menerus tak berhenti. Ia akan terus berevolusi menjadi kekuatan yang semakin kokoh, tak tergerus oleh ruang dan waktu.

Perjuangan ini akan semakin menghasilkan jika kita merasakan manis dan pahitnya sebuah perjuangan. Bahwa ini tidak dibangun dalam satu malam, ini dibangun dari proses yang tak berkesudahan. Ia mengasah dengan kemampuan yang tak terhingga yang telah dikaruniai oleh Allah. Lantas mengapa kita mengabaikan potensi tersebut. Membiarkan ia teronggok menjadi tak berguna sama saja tak mensyukuri nikmat yang Allah berikan.

Setiap langkah yang kita tapaki setiap harinya adalah bentuk perjuangan itu sendiri. Tanpa kita sadari kita telah berjuang demi masa depan baik untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa. Kita sedang menghimpun suatu sistem yang tak bisa disamai oleh orang lain. Karena orang lain memiliki sistem dan keunikan tersendiri. Namun dengan pengalaman dan membaca referensi tentang keberhasilan orang lain itu adalah sebuah motivasi yang sangat membantu.

Ya, bagi saya, keberhasilan orang lain adalah pelajaran/guru yang memotivasi untuk kebangkitan dari sebuah perjuangan. Perjuangan itu tak akan pernah berkesudahan bahkan ketika telah tercapai satu tujuan maka kita ditantang untuk menggapai tujuan lainnya dan tetap memelihara tujuan yang tercapai agar terawat dengan baik. Perjuangan akan terus berputar pada porosnya, ia berotasi menjadi satu kesatuan yang utuh.

Didalam setiap perjuangan maka ada pengorbanan-pengorbanan yang kita jalani. Bisa jadi pengorbanan dari perjuangan itu bukan hanya sekedar berpayah-payahan saja, tetapi kita mengorbankan waktu, materi dan pikiran. Bisa juga kita mengorbankan tujuan yang satunya lagi demi mencapai tujuan yang lain yang lebih besar.