Breaking News

BAHWA PEMBAGIAN KERJA TERBATAS DENGAN LUAS PASAR - ADAM SMITH (THE WEALTH OF NATIONS)

ADAM SMITH (THE WEALTH OF NATIONS) 
BUKU I. PENYEBAB PERBAIKAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA, DAN PERMINTAAN MENURUT HASIL YANG DIDISTRIBUSIKAN SECARA ALAMIAH DIANTARA PERBEDAAN PERINGKAT TENAGA KERJA 

BAB III. BAHWA PEMBAGIAN KERJA TERBATAS DENGAN LUAS PASAR.

Kajian ini menginterpretasikan tulisan dari Adam Smith dan mungkin memiliki pemaknaan yang berbeda.

Bahwa Pembagian Kerja Terbatas Dengan Luas Pasar - Adam Smith

Bahwa pembagian kerja dibatasi oleh luasnya pasar. Ketika pasar sangat kecil maka yang dibutuhkan pasar juga sangat kecil untuk pembagian tenaga kerja. Bahkan bisa digunakan untuk kerja sendiri dan untuk konsumsi sendiri. Pada pasar yang kecil tak ada dorongan untuk mendedikasikan diri sepenuhnya untuk satu pekerjaan, karena kekuatan pasar yang kecil sangatlah kurang untuk saling bertukar kelebihan dari hasil kerja sendiri dan kelebihan atas konsumsi sendiri.

Di kota besar ada beberapa macam industri bahkan dari jenis terendah yang dapat kita lakukan. Misalnya, porter, ia tidak dapat menemukan pekerjaan dan penghidupan ditempat lain. Desa yang sempit dan bahkan pasar kota yang besar bisa juga menjadi langka baginya. Dirumah-rumah tunggal dan desa-desa kecil yang berserakan di gurun daratan tinggi negara skotlandia, setiap petani harus memenuhi daging, roti dan bir untuk keluarganya sendiri. 

Dalam situasi seperti itu kita jarang dapat menemukan tukang besi, tukang kayu dan tukang batu dalam waktu kurang dari dua puluh mil dari yang lain. Keluarga yang tersebar yang tinggal di delapan atau sepuluh mil jarak terdekat mereka, harus belajar melakukan sejumlah besar pekerjaan-pekerjaan kecil yang dinegara-negara lebih padat mereka akan memanggil bantuan dari para pekerja. Pekerja negara hampir dimana-mana wajib menerapkan diri untuk semua cabang industri yang berbeda yang memiliki begitu banyak afinitas satu sama lainnya untuk dipekerjakan pada jenis bahan yang sama. Seorang tukang kayu menerima penawaran dari setiap jenis pekerjaan yang terbuat dari kayu: seorang pandai besi melakukan pekerjaan yang terbuat dari besi. Yang pertama adalah tidak hanya sebagai tukang kayu, tapi pengrajin, pembuat lemari, pengukir, pembuat roda, bajak, pembuat keranjang dan kereta. Pekerja yang terakhir masih lebih beragam.  

Tidak mungkin harus ada perdagangan seperti dari tukang paku dibagian terpencil dan pedalaman daratan tinggi skotlandia. Seperti seorang pekerja yang menghasilkan seribu paku per hari, dan tiga ratus hari kerja di tahun ini, akan membuat tiga ratus ribu paku ditahun ini. Tapi dalam situasi seperti ini tidak mungkin untuk membuang seribu, yaitu dari pekerjaan satu hari ditahun ini. Seperti dengan angkutan air, pasar lebih luas dibuka untuk setiap jenis industri angkutan darat, sehingga pada pantai dan disepanjang tepi sungai dilayari, bahwa industri setiap jenis secara alami mulai membagi dan berbenahdiri, dan ini frekuensinya tidak sampai lama setelah perbaikan-perbaikan kedalam bagian negara. 

Sebuah kereta roda, dinaiki oleh dua orang dan ditarik oleh delapan kuda, dalam waktu sekitar enam minggu pulang pergi antara London dan Edinburgh membawa empat ton barang. Pada sekitar waktu yang sama kapal berlayar oleh enam atau delapan orang, dan berlayar antara pelabuhan London dan Leith, sering pulang pergi memuat enam ratus ton barang. Enam atau delapan orang, oleh karena itu, dengan bantuan angkutan air, dapat pulang pergi dalam waktu yang sama, jumlah barang yang sama antara London dan Edinburgh dengan lima puluh kereta roda, dihadiri oleh seratus orang, dan ditarik oleh empat ratus kuda. Setelah dua ratus ton barang, oleh karena itu, dilakukan oleh angkutan darat murah dari London ke Edinburgh, harus dikenalkan pemeliharaan dari seratus pekerja untuk tiga minggu dan kedua pemeliharaan dan yang hampir sama dengan perawatan memakai dan air mata dari empat ratus kuda, serta lima puluh kereta besar. Sedangkan, pada kuantitas barang yang sama dilakukan dari air, pemeliharaan yang dikenakan hanya pada pemeliharaan enam atau delapan orang, dan memakai dan air mata dari sebuah kapal dari dua ratus ton burthen, dengan nilai resiko yang sama atau perbedaan asuransi antara daratan dan angkutan air. Apakah tak ada komunikasi lainnya antara kedua tempat, oleh karena itu, tetapi dengan angkutan kereta darat, karena tidak ada barang yang bisa diangkut dari satu tempat ke tampat lainnya, kecuali seperti proporsi harga disesuaikan dengan berat badan mereka, mereka bisa melanjutkannya tapi sebagian kecil dari perdagangan antar mereka dan akibatnya memberikan dorongan kecil dari yang saat ini mereka mampu pada industri masing-masing. 

Mungkin ada sedikit atau tidak ada perdagangan apapun antara bagian-bagian dunia yang jauh. Apakah barang-barang bisa menanggung biaya angkutan darat antara London dan Kalkuta? Atau apakah ada begitu berharga untuk dapat mendukung beban ini, dengan keamanan yang bisa mereka angkut melalui wilayah dari banyak negara biadab? Kedua kota, bagaimanapun juga melanjutkan perdangan yang sangat besar satu sama lainnya saat ini, dan dengan kemampuan pasar, memberikan dorongan untuk industri masing-masing.

Sejak itu, oleh karena keuntungan dari angkutan air, adalah wajar  bahwa perbaikan pertama seni dan industri harus dilakukan dimana kenyamanan ini membuka seluruh dunia untuk hasil dari setiap jenis tenaga kerja, dan bahwa mereka kemudian harus selalu banyak memperluas diri kebagian pedalaman negara. Bagian pedalaman negara untuk waktu yang lama tidak memiliki pasar lain untuk sebagian besar barang-barang mereka, tapi negara yang terletak disekeliling mereka dan memisahkan mereka dari laut, sungai-sungai besar dilayari. Luasnya pasar, oleh karena itu, keharusan untuk waktu yang lama menjadi sebanding dengan kekayaan dan ketidak padatan negara itu, dan akibat perbaikan mereka harus selalu kebelakang untuk perbaikan negara itu. Dalam koloni Amerika Utara kami, perkebunan telah terus menerus mengikuti baik dilaut atau tepi sungai dilayari, dan telah memiliki kelangkaan dimana saja diperpanjang untuk setiap jarang yang cukup jauh dari keduanya.

Bangsa itu, menurut sejarah tampaknya telah beradab adalah mereka yang tinggal di seputaran pantai laut Mediterenia. Laut terbesar yang sejauh ini dikenal dunia, tidak memiliki pasang surut, atau akibatnya setiap gelombang, kecuali yang disebabkan oleh angin saja, adalah, dengan kehalusan permukaan, serta oleh banyak pulau-pulau dan kedekatan pantai disekelilingnya, sangat menguntungkan untuk navigasi awal dunia; dan dari ketidaktahuan mereka dari kompas, manusia takut untuk keluar dari pemandangan pantai, dan dari ketidaksempurnaan seni kapal, untuk meninggalkan diri dari riuh gelombang laut. Untuk lulus diluar pilar Hercules, yaitu untuk berlayar dari Selat Gibraltar, itu, di dunia kuno, anggapan lama sebagai yang paling indah dan berbahaya mengeksplorasi navigasi. Itu adalah akhir dan bahkan sebelum Fenisia dan Kartago, navigator yang paling terampil dan pembangunan kapal yang lama, berusaha, dan mereka untuk waktu yang lama, satu-satunya negara yang mencobanya.

Dari semua negara dipantai laut Mediterania, Mesir tampaknya yang pertama dimana pertanian atau manufaktur yang dibudidayakan dan ditingkatkan ke tingkat yang cukup. Mesir Atas meluaskan sendiri tempatnya beberapa mil diatas Sungai Nil, dan di Mesir Bawah, bahwa sungai besar memecah dirinya menjadi banyak kanal yang berbeda, yang dengan bantuan dari sedikit seni, tampaknya telah diberikan komunikasi dengan angkutan air, tidak hanya antar semua kota besar, tetapi antar semua desa, dan bahkan banyak rumah pertanian di negara itu, hampir dengan cara yang sama seperti Rhine dan Maese lakukan di Belanda saat ini. Luas dan kemudahan navigasi darat ini mungkin salah satu penyebab utama dari perbaikan awal Mesir.

Perbaikan dibidang pertanian dan manufaktur kuno tampaknya sangat besar di Provinsi Bengal, di Hindia Timur, dan dibeberapa provinsi-provinsi timur China, meskipun sebagian besar kuno ini tidak dikonfirmasi oleh sejarah otoritas kita, dibagian dunia, baik terjamin. Di Bengal, Gangga, dan beberapa sungai besar lainnya, membentuk sejumlah besar kanal dilayari, dalam cara yang sama seperti sungai Nil di Mesir. Di provinsi-provinsi timur China, juga, beberapa sungai besar membentuk, dengan cabang-cabang yang berbeda, banyak kanal, dan dengan berkomunikasi satu sama lainnya, membeli sebuah navigasi darat jauh lebih luas dan lebih baik daripada Sungai Nil atau Gangga, atau, mungkin, dari keduanya disatukan. Sungguh luar biasa, bahwa baik orang Mesir Kuno, maupun India, maupun China, mendorong perdagangan luar negeri, tapi tampaknya semua telah diturunkan kemewahan besar mereka dari navigasi darat ini.

Semua bagian pedalaman Afrika, dan semua bagian dari Asia yang terletak cara yang cukup dari utara Euxine dan Laut Kaspia, Scythia kuno, Tartar modern dan Siberia, tampaknya, disemua usia dunia, di negara barbar dan tidak beradab yang sama dimana kita menemukan mereka saat ini. Lautan Tartar adalah laut beku, yang tidak mengakui ada navigasi; dan meskipun beberapa sungai terbesar di dunia dijalankan melalui negara itu, mereka berada pada jarak yang terlalu besar dari satu sama lain untuk membawa perdagangan dan komunikasi melalui sebagian besar dari itu. Ada di Afrika tidak satupun dari mereka masuk besar, seperti Baltik dan laut Adriatik di Eropa, Medeterenia dan Laut Euxine di Eropa dan Asia, dan teluk-teluk Arab, Persia, India, Bengal dan Siam, di Asia, untuk membawa perdagangan maritim kebagian interior dari benua besar; dan sungai-sungai besar di Afria berada pada jarak terlalu besar dari satu sama lainnya untuk memberikan kesempatan kepada setiap navigasi darat. Perdagangan, selain itu, yang setiap negara dapat melakukan dengan cara memcah sungai menjadi beberapa cabang atau kanal dan memasuki teritori lainnya sebelum mencapai laut, tiak pernah bisa sangat besar, karena selalu dalam kekuatan bangsa yang memiliki teritori lainnya untuk menghalangi komunikasi antara negara atas dan laut. Navigasi Danube sangat sedikit digunakan untuk negara-negara yang berbeda dari Bavaria, Austria, dan Hungaria, dibandingkan dari apa yang akan, jika salah satu dari mereka memiliki seluruh nya saja, sampai jatuh ke laut Hitam.