Breaking News

Teknik CMO Finance atau Leasing Agar Order Terus Mengalir (Bagian 2, Habis)

“Lewat proses akuisisi biasanya ada aplikasi yang di approve dan dirijek, nah untuk yang dirijek penyampaian ke sales juga harus baik dan disertai alasan-alasan yang masuk akal, karena ada beberapa CMO yang belum bisa memberikan alasan yang tepat saat aplikasi dari sales di tolak. Peran CMO juga sebatas mediasi atara dealer dan leasing, tapi juga harus ditingkatkan kepasitas dan kualitasnya dengan menempatkan peran CMO sebagai “konsultan marketing”.”

“Fungsi dari konsultan marketing itu ialah memberi alternatif solusi dari setiap masalah yang dialami oleh sales dan konsumen. Misal, masalah yang dialami sales adalah tentang menurunnya volume penjualan, maka alternatif solusi yang diberikan oleh marketing konsultan bisa lewat motivasi diri kemudian pemetaan data calon konsumen yang akan mengambil kendaraan lewat, misalnya jika bulan ini ada harga cengkeh sedang naik maka segmentasi pasar lewat metode kanvasing harus diubah ke arah petani cengkeh, kemudian mapping daerah dimana daerah-daerah yang menjadi wilayah perkebunan cengkeh.”

“Nah, fungsi dari konsultan marketing bagi konsumen adalah misalnya jika ada konsumen yang menunggak maka CMO wajib kunjungan dan menanyakan alasan keterlambatan, kemudian memberikan alternatif solusi, apakah rescheduling jika ada selisih tanggal jatuh tempo atau over kredit resmi jika konsumen mengalami wanprestasi, sehingga alternatif solusi yang diberikan adalah win-win solution”.

“Nah, balik keawal tadi pendekatan secara persuasif harus diimbangi dengan tingkat intensitas pertemuan. Bisa lewat pertemuan tatap muka langsung atau lewat telepon. Untuk tatap mka biasanya minimal dalam satu hari CMO harus bisa bertemu dengan sales sebanyak lima sales dalam satu dealer.”

“Kunjugan dealer minimal dua dealer dalam satu hari. Kemudian follow up simulasi kredit, sales yang minta simulasi kredit wajib di follow up, karena ada beberapa sales yang lupa dengan calon konsumen yang sudah meminta hitungan simulasi kredit sebelumnya. Nah, peran CMO mengingatkan kembali simulasi kredit yang pernah diberikan.”

“Dan terakhir, bangun hubungan yang baik dengan para pimpinan dealer baik itu kepala cabang, sales supervisor atau admin head, karena kesemuanya saling berhubungan erat maka harus dijaga dengan baik. Ada yang bilang kalau kepalanya kita pegang maka ekor akan mengikuti arah kepalanya”.

Demikianlah paparan yang panjang lebar yang disampaikan oleh Deni Setiawan, CMO BCA Finance ini telah memberikan kepada kita gambaran atau trik atau ilmu yang telah dia terapkan dalam mendapatkan order. Atau dengan bahasa awal dari artikel ini yakni Teknik CMO Finance atau Leasing Agar Order Terus Mengalir.

Untuk sekarang, paradigmanya saya balik. Bagaimana perspektif sales sendiri dalam memberikan order kepada CMO. Tetapi kekurangan disini adalah saya hanya sempat mewawancarai satu sales saja dari salah satu dealer di Lampung. Yakni saudara Andriansyah, atau sering menamakan dirinya Andri Auto 2000, karena beliau adalah sales Auto 2000.

Teknik CMO Finance atau Leasing Agar Order Terus Mengalir (Bagian 2, Habis)
Andri Auto 2000, No Hp: 082306872000

Pertanyaannya apa pertimbangannya memberikan order kepada CMO?

Jawabannya adalah: “ kalau pribadi saya bang, pertama kasih order ke CMO itu yang dilihat leasingnya. Ada namanya komposisi order ke leasing kalau dealer itu biasanya komposisi yang besar itu pelayanannya lebih maksimal, dalam hal membantu supaya aplikasi approve”

“Dari situ biasanya sales itu seperti punya hutang budi ya.. hehe.. sehingganya ketika ada order di bulan-bulan berikutnya prioritas ke leasing itu dulu. Walapun, reward yang kita terima lebih kecil dibanding dengan leasing lain.”

“Kalau di Toyota Auto 2000, leasing yang komposisinya besar itu ada dua TAF (Toyota Astra Finance) dan ACC (Astra Credit Companies). Kedua leasing ini membantu sekali dalam hal aprrove aplikasi. Selain memang group astra mereka juga memberikan pelayanan yang oke. Walaupun reward yang kita dapat lebih kecil dari leasing lain”.


Nah itulah wawancara dengan Andri Auto 2000, yang saat ini mengelola website www.toyotadilampung.net. Dan juga jika ada dari saudara-saudara atau teman-teman yang ingin menghubunginya dapat menghubungi nomor berikut: 082306872000

Demikianlah wawancara saya dengan orang-orang yang expert di bidangnya masing-masing, mudah-mudahan bisa membantu dan memberikan pengetahuan baru bagi kita semua.

Kembali ke Bagian 1: Teknik CMO Finance atau Leasing Agar Order Terus Mengalir (Bagian 1)
loading...